Bagaimana Memaksimalkan Fungsi Alam Bawah Sadar

17 November 2011 § Tinggalkan komentar

Untuk dapat menguasai alam bawah sadar, maka sebelumnya marilah kita kaji terlebih dahulu apa yang dimaksud alam bawah sadar. bagian otak kanan Anda terdapat apa yang disebut inner mind (pikiran paling dalam), subconscious mind (pikiran alam bawah sadar), dan super conscious mind (super sadar). Bahkan ada juga yang menyebutnya sebagai “roh” (spirit) manusia.
Alam bawah sadar tidak pernah istirahat atau berhenti bekerja dalam kondisi apa pun. Pikiran bawah sadar tidak dapat dipengaruhi dalam kondisi apa pun. Bahkan dalam keadaan koma sekalipun, alam bawah sadar tetap bekerja. Otak kiri atau pikiran objektif akan istirahat ketika seseorang tidur karena otak kiri bekerja melalui panca indra. Namun otak bawah sadar (bagian kanan) memiliki kemampuan yang sering disebut kemampuan “indra keenam”. Dengan kata lain, setiap manusia telah memiliki indra keenam sejak lahir.
Untuk memahami bagaimana ini bekerja, pertama-tama kita harus memahami empat kondisi pikiran atau area tadi. Kita berada dalam keadaan beta untuk sebagian besar jam bangun kita. Otak kita memancarkan gelombang ini yaitu 13 siklus per detik atau lebih, ketika kita berpikir, penalaran atau terlibat dalam pemecahan masalah. Sementara otak bawah sadar bekerja pada gelombang alfa antara 8 dan 13 siklus per detik. Dalam gelombang alfa pintu antara pikiran sadar dan bawah sadar kita dibuka, menjadikan lebih mudah untuk mengakses kenangan dan penyimpanan informasi baru. Hal ini juga sering disebut sebagai keadaan meditasi, di mana pikiran dan tubuh menjadi begitu rileks. Kita juga lebih dapat menerima input ke otak di area ini. Di bawah dua wilayah beta dan alfa tadi terdapat gelombang theta antara 4 sampai 8 siklus per detik, dimana mimpi dapat kita rasakan, dan yang terakhir gelombang delta yaitu di bawah empat siklus per detik, dimana digelombang delta inilah kita tidur nyenyak dalam ketidaksadaran total. Kita harus melewati theta dalam perjalanan ke dan dari delta. Demikian juga, kita harus melewati alpha dalam perjalanan ke dan dari tidur. Ketika kita akan tidur tapi tapi belum terlelap, atau atau bangun tetapi belum benar benar terjaga, kita berada di antara gelombang Alpha atau theta, biasanya disinilah kita memfokuskan meditasi kita.
Ada enam fungsi alam bawah sadar. Satu, sebagai bank memori (seperti komputer), dua, untuk mengatur fungsi disengaja (jantung, pemikiran, dll), tiga, sebagai pusat emosi, empat, sebagai pusat imajinasi, lima, untuk mengendalikan kebiasaan, dan enam, sebagai energi yang memotivasi kita. Seperti disebutkan di atas, imajinasi adalah bahasa alam bawah sadar, dan imajinasi tampaknya selalu menang atas otak sadar kita. Orang tahu aman untuk terbang tetapi masih timbul perasaan takut, dan orang-orang yang takut gelap bisa bereaksi terhadap sesuatu yang dibayangkan, padahal diluar itu bila kita bisa memanfaatkan otak bawah sadar kita maka kita akan memiliki suatu kemampuan yang sangat besar. Dengan memanfaatkan fungsi otak bawah sadar setidaknya secara intelektual kita memiliki penambahan kepintaran setidaknya tujuh orang normal, belum lagi hal-hal yang selama ini tidak bisa kita lakukan dengan otak sadar, dengan otak bawah sadar ini kita bisa melakukannya. Semisal menyembuhkan orang sakit, membaca dengan mata tertutup, memindahkan barang tanpa menyentuhnya dsb.
Untuk melatih alam bawah sadar kita bisa kita lakukan dengan meditasi atau mensugesti diri. Meditasi Terkendali, juga dikenal sebagai meditasi dinamis, ini menggabungkan sugesti dan visualisasi kreatif dalam keadaan pikiran yang sangat rileks. Apa yang perlu lakukan adalah hanya menenangkan pikiran sehingga didapat perasaan rileks dan memvisualisasikan sesuatu kondisi yang diinginkan. Hal ini dikombinasikan dengan penegasan atau sugesti yang dibangun saat ini sesuai apa yang kita inginkan. Sugesti yang kita lakukan terhadap otak bawah sadar kita bisa diibaratkan sebuah mantra yang ampuh bahkan anda sendiri secara logika tidak akan bisa memikirkannya tetapi hal ini adalah nyata. Beberapa kalimat sugesti yang mungkin berguna untuk anda diantaranya : Saya bebas dari rasa takut dan merasa lebih percaya diri. Apapun yang terjadi, saya tidak kehilangan kesabaran. Saya menghargai diri saya sendiri dan berperilaku dengan bangga. Merokok adalah untuk orang sakit. Aku berhenti merokok. Saya menguasai nasibku. Nyeri yang saya rasakan akan segera hilang. Atau anda bisa menciptakan sendiri “mantra” sesuai keperluan anda.
Agar upaya kita dapat tercapai, kita harus mengetahui beberapa “Aturan Pikiran” sebagaimana dianut oleh Charles Tebbets, “grandmaster hypnotheraphy.”
Diantaranya :
1. Setiap pikiran atau ide menyebabkan reaksi fisik. Pikiran dapat membuat Anda sakit atau membuat Anda merasa sehat. Ide yang memiliki muatan emosional yang kuat hampir selalu mencapai alam bawah sadar, karena itu adalah pikiran perasaan. Setelah diterima, ide-ide ini terus menghasilkan reaksi tubuh yang sama berulang-ulang. Dalam rangka untuk menghilangkan atau mengubah reaksi negatif kronis tubuh kita harus mencapai alam bawah sadar dan mengubah gagasan yang bertanggung jawab untuk reaksi.
2. Apa yang diharapkan cenderung untuk direalisasikan. Otak dan sistem saraf merespon hanya untuk citra mental, baik disebabkan oleh diri sendiri atau dari dunia luar. Gambaran mental yang terbentuk menjadi cetak biru, dan pikiran bawah sadar menggunakan segala cara untuk melaksanakan rencana tersebut. Itulah sebabnya penting untuk selalu menjaga keadaan pikiran yang positif karena kita menjadi apa yang kita pikirkan.
3. Imajinasi lebih kuat daripada pengetahuan ketika berhadapan dengan pikiran. Ini merupakan aturan penting untuk diingat dalam meditasi terkontrol. Setiap ide disertai dengan emosi kuat seperti kemarahan, kebencian, cinta, atau keyakinan politik dan agama biasanya tidak dapat dimodifikasi melalui penggunaan akal. Dalam menggunakan meditasi terkontrol kita dapat membentuk gambar dalam pikiran bawah sadar dan dapat menghapus, mengubah atau memvisualisasikan ide-ide lama. Ini juga disebut hukum konflik.
4. Menentang ide-ide tidak dapat diselenggarakan pada saat yang sama. Banyak orang mencoba untuk memegang ide-ide yang bertentangan secara bersamaan. Seorang pria mungkin percaya pada kejujuran dan mengharapkan anak-anaknya untuk jujur, dan semua sementara akan terlibat dalam praktek bisnis sehari-hari yang sedikit tidak jujur. Dia mungkin mencoba untuk membenarkan ini, namun ia tidak bisa lepas dari konflik dan dampaknya terhadap sistem syarafnya.
5. Setelah ide telah diterima oleh pikiran bawah sadar, hal ini tidak akan hilang sampai digantikan oleh ide yang lain. Semakin lama itu dibiasakan, akan cenderung menjadi kebiasaan tetap atau pola pikir. Ini adalah bagaimana tindakan kebiasaan terbentuk, baik dan buruk.
6. Sebuah gejala emosional cenderung menyebabkan perubahan fisik jika berlangsung cukup lama. Pikiran dan tubuh tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, jika kita terus berpikiran kesehatan yang buruk dan terus-menerus berbicara tentang hal itu, suatu saat hal itu akan terjadi.
7. Setiap hal akan berpengaruh ke hal yang lebih besar. Kemenangan kecil menyebabkan kemenangan besar. Komitmen kecil menyebabkan komitmen besar. Sebuah benda bergerak cenderung tetap bergerak, entah itu sebuah mobil yang melaju, emosi, kebiasaan, atau keyakinan. Hal ini juga bisa disebut aturan sugesti senyawa.
8. Ketika berhadapan dengan pikiran bawah sadar dan fungsinya, semakin besar upaya sadar, semakin besar pula alam bawah sadar menolaknya. Jika Anda menderita insomnia Anda telah belajar “semakin keras Anda mencoba untuk tidur, semakin Anda menjadi terjaga.” Ini berarti Anda harus bekerja untuk mengembangkan harapan mental yang positif bahwa masalah anda dapat dan akan dipecahkan. Prosedur sederhana dan aman dari meditasi terkontrol terdiri dari lima komponen: Motivasi, relaksasi, konsentrasi, imajinasi dan sugesti. Dikombinasikan dengan harapan, dan keyakinan, ini bekerja dengan baik bagi banyak orang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Diolah dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Bagaimana Memaksimalkan Fungsi Alam Bawah Sadar at Do & Done.

meta

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: